33 Pesan Nabi

Bismillahhirrohmanirrohim..

Gambar

Recommended Book ^^

Alkisah.. Bertemulah 2 pemuda dari pondok pesantren yang berbeda di sebuah gang jalan..

A : Eh, kamu murid pondok pesantren pojok itu ya? yang suka razia sembarangan. Ingat bung, ini bukan negeri arab!

B : Emang kenapa? Daripada pesantren ente.. ngaku islam tapi kebarat-baratan.

A : HEH! Gara2 orang kayak kamu, islam di cap teroris! Anarkis!!! Nyadar ga sih?

B : EEEEHhh.. Nyalahin orang.. Gara2 orang kayak ente, nilai islam makin gak jelas..

A : AAAhhh… Banyak bacot lu! Kolot!! (mulai nonjok)

B : Daripada ente! Letoy, munafikk!! (bales nojok)

Walhasil, 2 pemuda ini pun main tonjok2an ditepi gang.

Sampai kemudian datanglah seorang pedagang yang membawa bakul melerai mereka. Lalu beliau mengeluarkan sabda Nabi SAW,

Janganlah kamu kafir kembali sesudahku. dimana sebagian kamu memenggal leher yang lain“.

(HR. Bukhari)

Dan akhirnya 2 pemuda inipun saling bermaafan dan berpelukkan.

Dilain episode,

Ada seorang pemuda yang sedang berlari tergopoh-gopoh ke desa sebelah, Amir namanya.

Saat ditanya hendak apa ia ke desa sebelah, si Amir pun menjawab, “Ada pembagian daging kurban pak”.

Lalu ia pun berlari dengan semangat. Sesampainya ia di desa sebelah, terkejutlah ia melihat rumah keluarga besar Haji Sumringah telah berubah menjadi lautan manusia yang kelaparan. Dimana orang-orang menjadi acuh tak acuh satu dengan lainnya, berjotos-jotosan, saling injak, saling sikut, saling dorong demi sekerat daging.

Lalu si Amirpun pulang, berjalan dengan gontai.

Ketika ditanya, “Udah selesai le? kok cepat amat? loh.. mana dagingnya?”.

“Saya gak jadi ambil pak, perasaan saya jadi gak enak. hehehe” Jawab Amir sambil cengengesan garuk2 kepala.

“Eh, gak enak kenapa le?” tanya si bapak yang tampaknya masih bingung.

Lalu Amir pun menjawab, “Saya malu pak.. Benernya tadi emak sudah melarang.. Kata emak meski gak punya daging, masih ada beras.., masih ada sayur.., tapi saya pingin nyenengin emak..

Tapi begitu sampai sana, saya jadi malu pak.. Untuk sekerat daging, kami harus berebut. Menyakiti orang lain. Manusia tidak lebih berharga dari sekerat daging kambing…

yang bikin saya lebih malu, hal ini terjadi berulang, gak ada yang berubah, gak ada yang berarti, lewat begitu saja.

Saya malu, Saya baca koran yang saya jual, jumlah intelektual muslim kita banyak, tapi mengapa hal remeh-temeh seperti ini terus terulang?

Kadang saya berpikir, apakah mungkin orang-orang seperti kami memang sengaja dibiarkan begini, agar kaum berharta bisa menjadikan kami sebagai tumbal dosa mereka? Menjaga perasaan suci dengan menabur remah-remah roti. Kalau benar begitu.. Saya malu.. Saya malu dengan negeri ini.”

Jelas Amir dengan panjang lebar..

Lalu si bapak pun teringat dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadist sohih Bukhari, dari Abu Hurairah R.A nabi SAW bersabda :

Iman mempunyai lebih dari 60 cabang. Adapun malu adalah satu dari cabang iman“.

Begitulah penggalan-penggalan episode dari buku ini.

Buku ini sebenarnya berbentuk komik dan bahasanya sangat mudah dipahami. Kejadian-kejadian dalam komik ini pun sebenarnya sangat real dan sering terjadi disekitar lingkungan kita.

Contohnya saja 2 kejadian yang saya ceritakan diatas. Betapa seringnya kita, saudara sesama muslim dan sama-sama mengaku islam, saling menyerang dan menganggap diri lebih baik. Ada juga berbagai aliran islam. Jujur saja, saya juga masih belajar. Masih belum paham benar apa islam yang paling benar itu yang aliran mana??. Tapi ibu selalu bilang dan berpesan, “Gina islamnya yang biasa-biasa aja ya.. Pegang Al-qur’an dan Hadist.. pelajari.. 2 itu cukup. Gausah ikut aliran apapun”.

Satu lagi pemandangan yang sangat biasa dan akan ramai diperbincangkan TV swasta adalah masyarakat kampung A meninggal terinjak oleh masa yang berebut daging kurban di rumah X.. atau banyak korban luka-luka akibat berebut uang sedekah di rumah Y dan lain sebagainya.

Sungguh miris ya teman..

Maka menurut saya buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca bagi teman-teman yang masih ingin belajar banyak tentang kehidupan. :’) Didalm buku ini terdapat berbagai macam hadis yang InsyaAllah sohih dari Bukhari dan Muslim. Dinarasikan dengan cerita singkat dan gambar-gambar kocak. Jadi baca hadis semacam baca komik gitu.. hehe

Penulisnya sendiri dulu sudah pernah diundang pada acara Chatting dengan YM. Namanya Pak Veby Surya Wibawa dengan nama pena vbi_Djenggotten.

Buku ini terdiri dari 2 seri.. Buku pertama seri jaga mata, jaga telinga, jaga mulit dan buku kedua seri jaga hati, buka pikiran. ^ ^

Gambar

Daftar isi seri pertama

Gambar

Daftar isi seri kedua

Selamat mencari dan membaca teman-teman.. ga rugiii deh😀

Baca juga rekomendasi buku lainnya

https://febireginasari.wordpress.com/2013/03/09/ada-singa-dalam-dirimu/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s