Khitanan

Beberapa hari ini rumah disamping kostan saya sedang sibuk menggelar lapak untuk khitanan atau bahasa mudahnya sunatan. Khitan sendiri aslinya dari bahasa arab, yang artinya memotong atau bisa juga artinya alat kelamin (baik laki-laki maupun perempuan).

Semula saya sangka ini acara nikahan. hehe. Bagaimana tidak, ada tenda berhias kain warna merah marun, kursi plastik plus organ tunggal, tidak lupa pula organ tunggal itu hidup dari tadi malam sampai pagi ini. Tiada henti. Persis seperti orang pesta nikahan. Bersyukurnya, organ itu tak terlalu kencang.

Lama-lama saya jadi penasaran kenapa laki-laki diwajibkan berkhitan? Ya, walaupun perempuan juga dikhitan sih… cuma bedanya kalo perempuan dilakukan waktu bayi. hehe. Dulu sekali, saya sudah 3 kali melihat orang dikhitan. Pertama khitanan teman saya, kedua keponakan saya dan yang ketiga seorang bayi perempuan, entah bayi siapa. Maklum, ibu saya yang berprofesi sebagai bidan memudahkan akses saya untuk melihat proses pengkhitanan tersebut. hehehe

Dari apa yang saya lihat sewaktu kecil, orang dikhitan itu adalah bagian luar kulitnya saja. Yang paling saya takuti waktu itu adalah proses pembiusanya. Haha. Teman saya yang dikhitan, tapi saya yang mengernyit-ngernyitkan kening. xP. Adapun yang paling saya kasihani ketika proses pengkitanan adalah proses khitan si perempuan. Karena seingat saya ketika dipotong ga pake bius-biusan kayak laki-laki. Kebayang ga sakitnya?. Untung waktu khitannya waktu bayi, jadi juga gatau sakitnya kayak apa. haha

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, apakah yang membuat seorang laki-laki itu wajib dikhitan? Ah,, sebenarnya perkara wajib atau tidaknya itu masih dalam perbincangan. Sebagian ulama bilang wajib, sebagian bilang sunah. Jadi, menurut saya ada baiknya kita lihat saja dari sisi kebaikan dan keburukanya khitan tersebut.

Menurut para medis, salah satu penyebab kanker rahim itu adalah karena pasanganya tidak khitan. Kenapa?. Nah, usut punya usut, ternyata dibagian ujung kelamin laki-laki terdapat tempat yang dapat menampung kotoran dari air kencing. Sehingga, apabila tempat itu tidak dibuang maka akan menumpuk-numpuklah kotoran pada ujung kelamin laki-laki tersebut. Selain itu, karena kotor, bisa jadi timbul berbagai penyakit kelamin.

Adapun manfaat khitan bagi perempuan yaitu berupa menstabilkan syahwat dan dapat memuaskan pasangannya kelak. Namun sayangnya memang belum banyak penelitian tentang khitan pada anak perempuan ini. Sehingga manfaat-manfaatnya belum terlalu banyak terungkap. Tapi bukankah segala hal yang dianjurkan dalam islam itu indah, teman?

Sama halnya ketika nabi SAW melarang kita minum sambil berdiri. Ternyata, setelah sekian ribu tahun baru terungkap mengapa orang yang paling mulia tersebut menasehati kita agar minum sambil duduk. Ketika kita minum sambil berdiri, maka air yang kita minum tidak melewati penyaring alami tubuh (sfringer) sehingga kuman-kuman/virus-virus/kotoran-kotoran yang masih hidup dalam air ikut terproses dalam pencernaan kita. Akibatnya bisa menimbulkan kristal ginjal atau bahasa lumrahnya sakit batu ginjal.

Nah.. jadi ga ada alasan mengapa kita tidak khitan kan teman-teman?. Syaratnya barangkali hanya 1, jangan mengkhitan secara berlebihan. Cukup ujung kulit luarnya saja. Agar tidak menimbulkan dampak yang negatif. :’)

Referensi :

Ajaran Khitan dalam Islam, Injil dan Taurat : http://indonesiagotofaith.wordpress.com/2011/10/25/ajaran-khitan-dalam-islam-injil-dan-taurat/

Polemik Khitan Wanita : http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/polemik-khitan-wanita.html

Dibalik Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri : http://syiar-muslim.mywapblog.com/dibalik-larangan-makan-minum-sambil-berd.xhtml

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s