Tabungan Masa Depan #HandMade

SAM_0351

Kotak Amal kain flanel

Malam tadi saya kembali iseng-iseng buat kreasi dari kain flanel. hehe

Hal ihkwalnya adalah ada teman yang masih malu bersedekah terang-terangan. Ga apa-apa. Islam adalah agama yang prefentif. Islam melindungi dan mencegah kita agar ga berbuat dosa. Ketika kita merasa masih belum sanggup untuk tidak bersikap berbangga hati dan riya terhadap sedikit saja kebaikkan yang akan atau telah kita lakukan, maka lebih baik disembunyikan.

Namun begitu, terhadap amalan sedekah yang ditunjukkan pun tidak mengapa (Qs. Al-Baqarah (2) : 274).

Teman-teman pasti udah taukan kalo sedekah itu ternyata dapat melapangkan rezeki loh.. (Qs. Saba (34) : 39), juga sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah (Qs. At-Taubah (9) : 99), dan bahkan Rasulullah SAW pernah bilang kalo sedekah itu pengobat sakit.😀 Woah… hebat kan? kurang apa coba kehebatan sedekah ini?.

Ga hanya itu loh teman..

Ketika kita meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik (sedekah), maka Allah akan melipatgandakan pembayarannya kepada kita dengan lipat ganda yang banyak (Qs. Al-Baqarah (2) : 245). Kurang apa coba? Logikanya ni ya, ruh dan jasad kita ini aja udah kepunyaan Allah.. Apalagi hanya harta dan rezeki yang diberi-Nya pada kita..

Tapi cobalah lihat.. Allah memakai kata-kata “Pinjaman”, untuk sesuatu yang memang milik-Nya. SubhanaAllah.. Maha Suci Allah.. Tuhan semesta alam.. Maha Lembut dan rendah hatinya Allah pada kita..

Jadi, rasanya rugi betul kalo kita hanya menyisihkan uang paling kecil didompet untuk sedekah. Apalagi kalo cuma harta sisa. Rasanya malu ga si? hehe. :’)

Em.. memang sih, sebenarnya setiap kebaikan itu adalah sedekah (HR. Bukhari). Jadi, senyum kepada teman adalah sedekah, membantu orang lain juga sedekah, berdzikir, bersolawat atas nabi SAW, bahkan sekedar menyingkirkan kerikil dari jalananpun juga termasuk sedekah. Betapa baiknya Allah..

Namun alangkah baiknya sedekah-sedekah kita dibarengi dengan sedekah harta dan berusahalah mensedekahkan harta yang kita cintai agar mendapatkan kesempurnaan (Qs. Ali Imron (3) : 92). Hitung-hitung juga untk mensucikan harta kita. Kalo katanya ust. Maulana ni ya, “Sedekah itu artinya kotoran yang kita keluarkan dari harta kita. Nah, coba deh bayangkan kalo kotoran-kotoran dalam perut kita ga pernah kita keluarkan. Apakah yang akan terjadi?. Kita pasti ga nyaman dan akan timbul berbagai penyakit”. Nah, begitu jugalah dengan harta. ^ ^

Sehingga, ketika kita mulai merasa terlalu banyak bersedekah yang padahal hanya 100rb, sedang kalau ke mall duit segitu terasa kurang, maka hati-hatilah. Barangkali itu penyakit hati. hehe

Tenang aja, harta yang kita sedekahkan ga akan berkurang kok. Justru bertambah sampai 700x lipat, bahkan lebih!. Tergantung maunya Allah.😀 (Qs. Al-Baqarah (2) : 261). Memang sih kalo secara fisik, setelah sedekah uang kita akan berkurang. Tapi kalo menurut perhitungan-Nya itu ga akan berkurang. Lihatlah setelah bersedekah, akan banyak keberkahan dalam hidup.

Lantas gimana kalo ternyata udah bersedekah jor-jor-an tapi rezeki tetap seret mampet?.

Ah teman.. Percayalah, Allah itu Maha Pemalu.. Allah akan malu kalo kita udah berusaha bersungguh-sungguh untuk bersedekah demi mengharapkan Ridho-Nya dan kelapangan rezeki dari-Nya tapi Dia belum memberikan apa yang kita minta. Suatu saat Allah pasti kasih apa yang terbaik untuk kita dengan cara-Nya sendiri yang terkadang memang sulit untuk kita mengerti. Dia akan memberikannya diwaktu yang tepat.

Allah itu Maha Adil dan ga akan mungkin bohong ama kita, :’). Barangkali setelah sedekah itu semua dosa-dosa kita dihapus, atau dipanjangkan umur kita dan keluarga, diselamatkan dari marabahaya, disembuhkan dari penyakit, dan masih banyak lagi yang barangkali tidak kita sadari. Jadi balasannya mungkin memang tidak melulu dengan harta. :’)

Jangan lupa, setelah sedekah tetaplah berdoa dan berlakulah sabar. InsyaAllah Ridho-Nya datang ke kita.😀 Aamiin

Nah, kembali ke awal pembicaraan.😀 Jadi, begitulah ide kenapa saya membuat kotak amal dari kain flanel ini. Karena teman saya. Hehe. Beberapa waktu belakangan ini saya memang ingin sekali pengen punya amal yang dilakuin bareng-bareng. Salah satunya dengan sedekah ini😀. Mulai sedekah jamaah kayaknya seru ya.. dimana kita bisa saling menyemangati dan mengingatkan dalam hal kebaikkan, InsyaAllah.

Barang siapa memberi contoh yang baik dalam islam, baginya pahala dan pahala orang yang beramal setelahnya, tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun“.

(HR. Imam Muslim)

Jadi yuk, Sedekah jamaah. Kita buat jaringan pahala yang panjang. Mudah-mudahan Allah meridhoi, aamiin. ^ ^

Dan TARAAAAAAAAA….. Inilah kotak amalnya😀

SAM_0349

Diatasnya saya beri nama kostan, yaitu Al-Barqah😀

Jadi, setiap sisi kotak saya beri beberapa kata, seperti :

SAM_0342

Sedekah, untuk menunjukkan bahwa ini kotak amal

SAM_0343

Lalu juga saya sisipkan surat Al-Baqarah : 261 disisi lainnya, sebagai penyemangat ketika bersedekah, hehe

SAM_0345

Harapan saya sedekah ini bisa kita lakukan rutin ^ ^

SAM_0346

Dan terakhir, tidak lupa saya katakan bahwa sedekah itu menyenangkan, FUN!😀

Semoga kita semua bisa istiqomah pada kebaikkan-kebaikkan ya teman-teman..😀

Salam m/

Teruslah berkreasi. ^ ^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s