Rumus Menguasai Ilmu

Assalammu’alaikum, teman.

Semoga kita semua dalam lindungan dan keridhoan Allah, aamiin.

Pagi ini saya menonton kembali ceramah ust. Felix Siaw tentang Habits. Kebiasaan. Betapa seringnya saya mengeluh akan ketidakbisaan saya tentang sesuatu hal. Yang solusinya -sebenarnya- hanya tentang pembiasaan.

Dulu, sewaktu SMA saya sering sekali ujian remediasi fisika. Setiap remediasi selalu merasa tidak kesepian. Karena memang yang remediasi biasanya 1 kelas minus 1-5 orang. hehehe

Setelah saya ingat-ingat, ujian remediasi rasanya selalu lebih mudah dari ujian pertama. Walaupun soal berbeda tapi pada dasarnya cara pengerjaan soal itu sama saja. Kalau tidak beda angka paling juga bolak-balik rumus.

Ini terbukti dengan nilai saya yang naik setelah remediasi!😀. Misalnya dari 40 menjadi 55. Yah, lumayan kan? yang penting naik. hehehe

Barulah sekarang saya tahu, rupanya nilai yang naik itu karena pengulangan mengerjakan soal ujian fisika yang saya lakukan.

Teman-teman pernah mengikuti ujian SPMB? atau UMPTN? atau yang sejenisnya?. Ikut bimbel untuk SPMB? cobalah perhatikan apa yang mereka (guru bimbel) ajarkan.

Setiap pertemuan mereka hanya membahas tentang soal-soal terdahulu. Trik bagaimana menjawab soal serta pengulangan-pengulangan menjawab soal yang sebenarnya sama. Tanpa membahas rumus secara keseluruhan apalagi membahas asal-muasal rumus.

Artinya, untuk lulus ujian SPMB atau UMPTN kita perlu mengulang-ulang menjawab soal ujian tersebut. Dengan terbiasa kita bisa.

Kita orang Indonesia, maka kita bisa bahasa Indonesia. Orang Inggris pasti bisa bahasa Inggris, orang Cina tentu bisa bahasa CIna, orang jepang pasti mahir bahasa jepang, orang arab pasti faseh berbahasa arab dst..

Kenapa begitu? karena kita terbiasa menggunakan bahasa ibu kita dari dahulu. lagi-lagi karena kebiasaan. ^ ^

Jadi ketika kita sudah biasa maka InsyaAllah bisa.

Kalo katanya ust. Felix Siaw itu,

Latihan + Repitisi = Habits.🙂. Latihan dan pengulangan akan menjadikan kita terbiasa.

Jadi teman, apa keahlian yang ingin kalian kuasai? ayo latihan dan ulang-ulang terus. Maka InsyaAllah bisa.😀

InsyaAllah. ^ ^

Dan ingatlah pesan Imam Syafi’i,

Hai saudaraku, kalian tidak akan dapat menguasai ilmu kecuali dengan 6 syarat yang akan saya sampaikan. Yaitu dengan kecerdasan, bersemangat, kesungguhan, dengan memiliki bekal (investasi), bersama pembimbing, serta waktu yang lama“.

(Asy-Syafi’i)

Sebenarnya ilmu disekeliling kita itu banyak sekali teman, tinggal mau mengambil dan menerapkanya atau tidak. Jangan sampai menyesal. Yuk terapin sama-sama😀

Gambar
Sumber : Google Image

salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s