Mereka Bertanya Islam Menjawab #1

Pertanyaan :

Semua agama pada dasarnya mengajarkan kepada para pengikutnya untuk melakukan kebaikkan. Lantas mengapa orang harus mengikuti islam saja, tidak bisakah mereka mengikuti agama yang lainnya?.

Jawaban :

1. Perbedaan utama antara islam dan agama lainnya

Pada dasarnya, semua agama mendorong manusia untuk berlaku lurus dan menjauhi keburukkan. Tetapi islam lebih dari itu. Ia menuntun kita menuju cara-cara praktis mewujudkan kebaikkan dan menyingkirkan keburukkan dari kehidupan individual dan kolektif. Islam memperhitungkan sifat manusia dan kompleksitas masyarakat manusia. Islam adalah bimbingan dari Sang Maha Pencipta. Oleh sebab itulah islam disebut juga Dinul Fitrah (agama alami manusia).

2. Islam memerintahkan kita menjauhi perampokkan dan menganjurkan untuk melenyapkan perampokkan

a. Islam menganjurkan untuk melenyapkan perampokkan

Semua agama besar mengajarkan bahwa pencurian adalah perbuatan buruk. Islam pun mengajarkan yang sama. Jadi, apa bedanya antara islam dan agama-agama lain?. Perbedaannya terletak pada fakta bahwa islam, selain mengajarkan bahwa merampok itu buruk, menunjukkan cara praktis menciptakan sebuah struktur sosial dimana orang tidak akan merampok.

b. Islam mengajarkan zakat

Islam menganjurkan sebuah sistem zakat yang wajib dibayar per tahun. Hukum islam menetapkan bahwa setiap orang yang mempunyai harta simpanan melebihi nisab, yaitu lebih dari 85gr emas, harus mengeluarkan 2,5% dari simpanan itu untuk didermakan setiap tahun perhitungan bulan. Jika setiap orang kaya di dunia ini mengeluarkan zakat dengan ikhlas, kemiskinan akan terhapus. Tidak ada seorangpun yang mati kelaparan.

c. Potong tangan sebagai hukuman bagi perampok

Islam memerintah pemotongan tangan bagi orang yang terbukti mencuri. Dalam Al-qur’an disebutkan, “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangann keduanya (Sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah..” (QS. Al-Maidah : 38).

Sebagian orang non muslim akan mengatakan, “Hari gini potong tangan?. Islam adalah agama barbar dan kejam!”.

d. Hasil tercapai ketika syariat islam diberlakukan

Amerika dianggap sebagai salah satu negara paling maju di dunia. Sayangnya, ia juga memiliki angka kejahatan tertinggi di dunia dalam hal pencurian dan perampokkan. Andaikan syariat islam diberlakukan di Amerika, yaitu setiap orang kaya membayar zakat , dan setiap perampok dipotong tangannya sebagai hukuman, kira-kira angka pencurian dan perampokkan di Amerika akan meningkat, tetap, atau turun?. Tentunya akan turun. Diberlakukannya hukum yang tegas semacam itu juga akan menyurutkan niat banyak calon perampok.

Saya sepakat bahwa jumlah pencurian yang terjadi di dunia ini sedemikian besar sehingga kalau Anda memotong tangan semua pencuri, akan ada puluhan orang yang kehilangan tangan.

Intinya adalah ketika Anda menerapkan hukum ini, angka pencurian akan turun seketika. Calon perampok akan berpikir berulangkali sebelum membahayakan anggota tubuhnya. Sekadar membayangkan hukuman itu saja nyali mayoritas perampok akan ciut. Hanya akan ada segelintir orang saja yang merampok. Karena itu, hanya tangan beberapa orang saja yang dipotong, tetapi berjuta-juta orang akan hidup damai tanpa takut dirampok.

Dengan demikian, syariat islam bisa dipraktikan dan mencapai hasilnya.

3. Islam mencegah pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap perempuan. Islam memerintahkan hijab dan menetapkan hukuman mati bagi seseorang yang terbukti memperkosa

a. Islam menetapkan metode untuk melenyapkan pelecehan seksual dan pemerkosaan

Semua agama menyatakan pelecehan seksual dan pemerkosaan perempuan sebagai dosa besar. Islam mengajarkan hal yang sama. Lalu, apa beda antara islam dan agama-agama lain?. Perbedaanya terletak pada fakta bahwa islam tidak hanya mengkhotbahkan penghormatan terhadap perempuan, atau mengutuk pelecehan seksual dan pemerkosaan sebagai jenis serius, tetapi juga memberi panduan yang jelas tentang bagaimana masyarakat bisa melenyapkan kejahatan semacam ini.

b. Hijab bagi laki-laki

Islam mempunyai sebuah sistem hijab. Al-Qur’an mula-mula menyebutkan hijab untuk laki-laki lalu disusul dengan hijab bagi perempuan. Hijab untuk laki-laki disebutkan dalam ayat berikut :

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Dan sesungguhnya Allah Maha Mengatahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur: 30).

Ketika seorang laki-laki melihat perempuan dan ada pikiran kotor atau melintasi benaknya, ia harus menundukkan pandangannya.

c. Hijab bagi perempuan

Hijab untuk perempuan disebutkan dalam ayat berikut :

Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandanganya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, keucali yang (biasa) tampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasan kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, ayah suami mereka, atau putra mereka…..” (QS.An-Nur: 31)

Ketentuan hijab bagi seorang perempuan adalah menutup seluruh tubuhnya. Bagian tubuh yang boleh dilihat hanyalah wajah dan telapak tangan. Jika mereka mau, mereka bisa menutupi bagian-bagian tubuh itu. Bahkan beberapa ulama berpendapat bahwa wajah juga harus ditutup.

d. Hijab mencegah pelecehan seksual

Alasan mengapa Allah memerintahkan hijab bagi perempuan disampaikan dalam surat Al-Ahzab berikut :

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbanya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenali,  karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Al-Qur’an mengatakan bahwa hijab ditetapkan bagi perempuan agar mereka dikenali sebagai perempuan terhormat  dan ini akan menjauhkan mereka dari pelecehan.

e. Hasil tercapai jika syariat islam diberlakukan

Andaikan syariat islam diberlakukan di Amerika, setiap kali seorang laki-laki memandang seorang perempuan dan pikiran kotor atau liar melintas dibenaknya, dia menundukkan pandangannya. Setiap perempuan Amerika mengenakan pakaian yang menutup rapat tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangannya. Hukuman mati dijatuhkan kepada laki-laki yang melakukan pemerkosaan. Bila demikian, apakah angka pemerkosaan di Amerika akan naik, sama saja, atau turun?.

4. Islam mempunyai solusi praktis bagi permasalahan umat manusia.

Islam adalah cara hidup terbaik karena ajaran-ajarannya bukan retorika doktriner melainkan solusi praktis bagi permasalahan umat manusia. Islam merupakan cara hidup secara individu maupun kolektif. Islam merupakan cara hidup terbaik karena ia adalah sebuah agama praktis dan universal yang tidak terbatas untuk kelompok atau bangsa tertentu.

(Dr.Zakir Abdul Karim Naik)

Dalam bukunya :

Mereka Bertanya Islam Menjawab

(Pertanyaan Menjanggal tentang Islam yang Sering Diajukan Orang Awam dan Non-Muslim).

Penulis :

Dr. Zakir Naik

Prof. Dr. Shalah Shawi

Syaikh Abdul Majid Subh

Semoga bermanfaat ya teman. ^ ^

Salam. m/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s