Aisyah RA yang Cerdas dan Dicintai


Siapa yang tak kenal ibunda Aisyah RA, istri kecintaan nabi Muhammad SAW setelah ibunda khadijah RA. Tak tanggung-tanggung, pernikahan ini terjadi karena nabi SAW mendapatkan wahyu berupa mimpi sampai 3 malam perihal siapa yang akan menjadi istrinya kelak. Istri yang satu-satunya masih perawan untuk dinikahi nabi SAW. Istri yang kelak akan menjadi sangat istimewa karena kecerdasannya dalam meraup ilmu langsung dari orang yang paling mulia, Rasulullah SAW.

Diriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda kepada Aisyah RA,

Aku bermimpi melihatmu selama 3 hari berturut-turut. Malaikat datang kepadaku dengan membawa gambarmu dalam balutan secarik kain sutera (putih). Ia berkata : ‘Ini adalah calon istrimu.’ Akupun lalu membuka kain sutera yang menutupi wajah itu. Ketika ternyata adalah kau, maka aku katakan : ‘Jika memang ini dari sisi Allah, niscaya Allah mewujudkannya“.

(HR. Ahmad)

Aisyah RA adalah wanita yang suci dan disucikan. Bahkan ketika terjadi fitnah padanya, Allah SWT langsung turun tangan mengklarifikasi fitnah zina tersebut melalu wahyu dengan perantara malaikat jibril as. SubhanaAllah. 😀

Nah, dalam buku Aishah RA yang Cerdas dan yang Dicintai (penulis : Ahmad Ibnu Salim Baduwilan) kita dapat mengenal sosok ibunda Aisyah RA lebih dalam lagi. Bagaimana akhlaknya, ilmu nya dan kasih sayangnya pada Rasulullah.

Inilah kurang lebih daftar isi dari buku tersebut :

Masa pertumbuhan Aisyah RA

pengantin yang diberkati

Posisi Aisyah RA di hati Rasulullah

Barakah Aisyah RA

Mendapat doa nabi SAW yang sarat berkah

Karakteristik dan keistimewaan Aisyah RA

Interaksi suami isti antara Rasulullah SAW dan Aisyah RA

Sifat-sifat ibunda tercinta Aisyah RA

Kecemburuan Aisyah RA

Kapasitas keilmuan dan kepakaran hukum Aisyah RA

Wanita ahli tafsir dan hadits

Pemahaman dan penguasaan Aisyah RA

Isu perselingkuhan Aisyah RA

Kata ulama tentang Aisyah RA

Wafatnya Aisyah RA

Menarik bukan?. jadi coba deh dibaca, diresapi dan pelan-pelan kita terapkan ilmu-ilmunya. Pasti tidak akan sama mulianya kita dengannya, namun setidaknya kita sudah berusaha. 🙂

Selamat membaca ya! ^ ^

Advertisements

Muhammad Al-Fatih 1453


Cerita ini bermula dari sabda Rasulullah ketika perang Khandak sedang berlangsung yang terekam dalam Hadis Riwayat Ahmad,

Berkata Abdullah bin Amru bin Ash : “bahwa ketika kami duduk di sekeliling Rasulullah saw untuk menulis, lalu Rasulullah saw ditanya tentang kota manakah yang akan fitih/tahluk terlebih dahulu, konstatinopel atau roma. Maka Rasulullah saw menjawab, “kota Heraklius terlebih dahulu, yakni konstatinopel”.

Karena situasi perang Khandak yang sangat kritis, yang bahkan untuk ke kamar kecil pun sangat sulit atau bahkan tidak bisa, yang ketika itu pasukkan muslim dalam keadaan lelah tak tertahankan sementara logistik menipis sedangkan pasukkan 10.000 kafir bersiap akan menyerang, perkataan nabi Allah ini terdengar tidak masuk akal bagi yang imannya belum tebal dan kuat.

Konstatinopel atau yang lebih dikenal dengan nama islambul/istanbul turki sekarang ini merupakan kota “with the perfect defense” pada masanya. Dengan tembok kokoh, parit dalam dan rantai  raksasanya untuk mempertahankan kota, maka tak ada yang dapat menembus kota heraklius itu selama beberapa abad.

Sampai datanglah seorang raja keturunan ke 7 dari khalifah ustmani, Sultan Mehmed II (yang kemudian dikenal dengan nama Muhammad Al-Fatih sebagai bentuk penghormatan). Di usianya yang berkisar antara 21-23 tahun beliau sudah dapat menaklukkan kota yang selama 1.123 tahun tidak dapat ditaklukkan oleh siapapun (kecuali pada perang salib 1204, tembok bagian laut perah ditembus).

Niatku; Taat kepada perintah Allah, “Dan hendaklah kalian berjihad di jalan-Nya” (Qs. Al-Maidah (5) : 35)

Semangatku; Berupaya dalam kesungguhan dalam melayani agamaku, agama Allah

Tekadku; Aku akan tekuk lututkan orang-orang kafir dengan tentaraku, tentara Allah

Pikiranku; Terpusat pada pembebasan, atas kemenangan dan kejayaan, dengan kelembutan Allah

Jihadku; Dengan jiwa dan harta dan apa yang tersisa di dunia ini setekah ketaan pada perintah Allah

Kerinduanku; Perang dan perang, ratusan ribu kali untuk mendapatkan ridha Allah

Harapanku; Pertolongan dan kemenangan dari Allah, dan ketinggian negara atas musuh-musuh Allah

SubhanaAllah. Begitulah kepribadian Muhammad Al-Fatih yang tergambar dalam syairnya ketika remaja. Maka tak heran ia dapat menaklukkan kota yang pernah dijanjikan Rasulullah saw tersebut dan mendapatkan predikat sebagai pemimpin terbaik sesuai sabda Rasulullah,

Sungguh, Konstantinopel akan ditaklukkan oleh kalian. Maka sebaik-baik pemimpin adalah pemimpinnya dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan yang menaklukkannya” (HR. Ahmad)

Bagaimanakah ia dapat menaklukkan kota terkuat pada masanya ini?. Siapakah gurunya?. Bagaimanakah kepribadian, kebiasaan, pendidikan, startegi berperang dan pemikiran-pemikirannya?. Dapat teman-teman baca pada buku karya Ust, Ir. Felix Y Siaw yang berjudul Muhammad Al-Fatih 1453.

“Membaca untuk menulis, mendengar untuk menyampaikan”, begitulah kata sang penulis buku tersebut. Mungkin resensi saya sangat kurang, oleh sebab itu, teman-teman bacalah bukunya. Lalu tuliskan kembali dengan bahasa dan ciri khas teman-teman.

Selamat membaca dan menulis. ^^ /

Gambar

77 Pesan Abadi Nabi untuk Wanita #Part 2


Untuk Kaum Perempuan

Abdullah ibn Umar r.a. meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda,

Wahai kaum perempuan, bersedekahlah dan perbanyaklah istiqfar, karena sesungguhnya aku melihat kebanyakan kalian itu penghuni neraka.

Lalu salah seorang perempuan dengan penuh sopan bertanya,

” Wahai Rasulullah, mengapa kaum kami paling banyak penghuni neraka?”.

Beliau bersabda,

” Kalian banyak melaknat, dan mengingkari (jasa) suami, dan aku tidak melihat orang yang kurang akal dan agama yang lebih banyak menurut orang berakal daripada kalian”.

Perempuan itu berkata,

” Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan kurang akal dan agama?”

Beliau bersabda,

” Yang dimaksud kurang akal adalah persaksian dua perempuan sebanding dengan persaksian satu laki-laki. Inilah kurang akal. Dan perempuan tidak salat selama beberapa malam dan juga tidak berpuasa Ramadhan (ketika menstruasi). Inilah yang dimaksud kekurangan dalam agama”.

(HR. Ibn Majah dan Abu Dawud)

__________________________________________________________________________________________

Ngeri ya teman baca hadist nya. Tapi yah begitulah. Ini warning buat kita, kaum perempuan. Sebenarnya sebab-sebab mengapa kita menjadi penghuni neraka paling banyak dan bagaimana cara terhindar dari neraka itu udah ada tuntunannya. Jadi mari kita gali dan pelajari. Agar terhindar dari api neraka. ^ ^

Yuk kita sama-sama belajar jaga solat, banyak-banyak istiqfar, sedekah, menjaga aurat dan perkataan, kalo udah punya suami ya manut (selama ia tunduk patuh ama Allah) dan ibadah-ibadah tambahan lainnya.

Salam hangat teman. m/

Liat nasihat lengkapnya dalam bukunya,

Muhammad Khalil Itani

77 Pesan Abadi Nabi untuk Perempuan

Mereka Bertanya Islam Menjawab #1


Pertanyaan :

Semua agama pada dasarnya mengajarkan kepada para pengikutnya untuk melakukan kebaikkan. Lantas mengapa orang harus mengikuti islam saja, tidak bisakah mereka mengikuti agama yang lainnya?.

Jawaban :

1. Perbedaan utama antara islam dan agama lainnya

Pada dasarnya, semua agama mendorong manusia untuk berlaku lurus dan menjauhi keburukkan. Tetapi islam lebih dari itu. Ia menuntun kita menuju cara-cara praktis mewujudkan kebaikkan dan menyingkirkan keburukkan dari kehidupan individual dan kolektif. Islam memperhitungkan sifat manusia dan kompleksitas masyarakat manusia. Islam adalah bimbingan dari Sang Maha Pencipta. Oleh sebab itulah islam disebut juga Dinul Fitrah (agama alami manusia).

2. Islam memerintahkan kita menjauhi perampokkan dan menganjurkan untuk melenyapkan perampokkan

a. Islam menganjurkan untuk melenyapkan perampokkan

Semua agama besar mengajarkan bahwa pencurian adalah perbuatan buruk. Islam pun mengajarkan yang sama. Jadi, apa bedanya antara islam dan agama-agama lain?. Perbedaannya terletak pada fakta bahwa islam, selain mengajarkan bahwa merampok itu buruk, menunjukkan cara praktis menciptakan sebuah struktur sosial dimana orang tidak akan merampok.

b. Islam mengajarkan zakat

Islam menganjurkan sebuah sistem zakat yang wajib dibayar per tahun. Hukum islam menetapkan bahwa setiap orang yang mempunyai harta simpanan melebihi nisab, yaitu lebih dari 85gr emas, harus mengeluarkan 2,5% dari simpanan itu untuk didermakan setiap tahun perhitungan bulan. Jika setiap orang kaya di dunia ini mengeluarkan zakat dengan ikhlas, kemiskinan akan terhapus. Tidak ada seorangpun yang mati kelaparan.

c. Potong tangan sebagai hukuman bagi perampok

Islam memerintah pemotongan tangan bagi orang yang terbukti mencuri. Dalam Al-qur’an disebutkan, “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangann keduanya (Sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah..” (QS. Al-Maidah : 38).

Sebagian orang non muslim akan mengatakan, “Hari gini potong tangan?. Islam adalah agama barbar dan kejam!”.

d. Hasil tercapai ketika syariat islam diberlakukan

Amerika dianggap sebagai salah satu negara paling maju di dunia. Sayangnya, ia juga memiliki angka kejahatan tertinggi di dunia dalam hal pencurian dan perampokkan. Andaikan syariat islam diberlakukan di Amerika, yaitu setiap orang kaya membayar zakat , dan setiap perampok dipotong tangannya sebagai hukuman, kira-kira angka pencurian dan perampokkan di Amerika akan meningkat, tetap, atau turun?. Tentunya akan turun. Diberlakukannya hukum yang tegas semacam itu juga akan menyurutkan niat banyak calon perampok.

Saya sepakat bahwa jumlah pencurian yang terjadi di dunia ini sedemikian besar sehingga kalau Anda memotong tangan semua pencuri, akan ada puluhan orang yang kehilangan tangan.

Intinya adalah ketika Anda menerapkan hukum ini, angka pencurian akan turun seketika. Calon perampok akan berpikir berulangkali sebelum membahayakan anggota tubuhnya. Sekadar membayangkan hukuman itu saja nyali mayoritas perampok akan ciut. Hanya akan ada segelintir orang saja yang merampok. Karena itu, hanya tangan beberapa orang saja yang dipotong, tetapi berjuta-juta orang akan hidup damai tanpa takut dirampok.

Dengan demikian, syariat islam bisa dipraktikan dan mencapai hasilnya.

3. Islam mencegah pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap perempuan. Islam memerintahkan hijab dan menetapkan hukuman mati bagi seseorang yang terbukti memperkosa

a. Islam menetapkan metode untuk melenyapkan pelecehan seksual dan pemerkosaan

Semua agama menyatakan pelecehan seksual dan pemerkosaan perempuan sebagai dosa besar. Islam mengajarkan hal yang sama. Lalu, apa beda antara islam dan agama-agama lain?. Perbedaanya terletak pada fakta bahwa islam tidak hanya mengkhotbahkan penghormatan terhadap perempuan, atau mengutuk pelecehan seksual dan pemerkosaan sebagai jenis serius, tetapi juga memberi panduan yang jelas tentang bagaimana masyarakat bisa melenyapkan kejahatan semacam ini.

b. Hijab bagi laki-laki

Islam mempunyai sebuah sistem hijab. Al-Qur’an mula-mula menyebutkan hijab untuk laki-laki lalu disusul dengan hijab bagi perempuan. Hijab untuk laki-laki disebutkan dalam ayat berikut :

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Dan sesungguhnya Allah Maha Mengatahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur: 30).

Ketika seorang laki-laki melihat perempuan dan ada pikiran kotor atau melintasi benaknya, ia harus menundukkan pandangannya.

c. Hijab bagi perempuan

Hijab untuk perempuan disebutkan dalam ayat berikut :

Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandanganya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, keucali yang (biasa) tampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasan kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, ayah suami mereka, atau putra mereka…..” (QS.An-Nur: 31)

Ketentuan hijab bagi seorang perempuan adalah menutup seluruh tubuhnya. Bagian tubuh yang boleh dilihat hanyalah wajah dan telapak tangan. Jika mereka mau, mereka bisa menutupi bagian-bagian tubuh itu. Bahkan beberapa ulama berpendapat bahwa wajah juga harus ditutup.

d. Hijab mencegah pelecehan seksual

Alasan mengapa Allah memerintahkan hijab bagi perempuan disampaikan dalam surat Al-Ahzab berikut :

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbanya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenali,  karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Al-Qur’an mengatakan bahwa hijab ditetapkan bagi perempuan agar mereka dikenali sebagai perempuan terhormat  dan ini akan menjauhkan mereka dari pelecehan.

e. Hasil tercapai jika syariat islam diberlakukan

Andaikan syariat islam diberlakukan di Amerika, setiap kali seorang laki-laki memandang seorang perempuan dan pikiran kotor atau liar melintas dibenaknya, dia menundukkan pandangannya. Setiap perempuan Amerika mengenakan pakaian yang menutup rapat tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangannya. Hukuman mati dijatuhkan kepada laki-laki yang melakukan pemerkosaan. Bila demikian, apakah angka pemerkosaan di Amerika akan naik, sama saja, atau turun?.

4. Islam mempunyai solusi praktis bagi permasalahan umat manusia.

Islam adalah cara hidup terbaik karena ajaran-ajarannya bukan retorika doktriner melainkan solusi praktis bagi permasalahan umat manusia. Islam merupakan cara hidup secara individu maupun kolektif. Islam merupakan cara hidup terbaik karena ia adalah sebuah agama praktis dan universal yang tidak terbatas untuk kelompok atau bangsa tertentu.

(Dr.Zakir Abdul Karim Naik)

Dalam bukunya :

Mereka Bertanya Islam Menjawab

(Pertanyaan Menjanggal tentang Islam yang Sering Diajukan Orang Awam dan Non-Muslim).

Penulis :

Dr. Zakir Naik

Prof. Dr. Shalah Shawi

Syaikh Abdul Majid Subh

Semoga bermanfaat ya teman. ^ ^

Salam. m/

77 Pesan Abadi Nabi untuk Wanita #Part 1


“Barang siapa menunjukkan suatu kebaikan, ia berhak untuk mendapat pahala seperti orang yang melakukan kebaikan itu”.

(HR. Muslim)

Indah bukan? :D. Begitulah.. Sesuai sifat-Nya. Allah Maha Baik, Maha Penyayang.. ^ ^

Bulan lalu saya membeli buku karya Muhammad Khalil Itani berjudul seperti judul tulisan ini. 77 Pesan Abadi Nabi untuk Wanita. Awalnya saya ingin membaca sampai habis dulu baru kemudian saya rangkum. Tapi rasa-rasanya malah sayang.

Bukankah lebih baik kita mempelajarinya perlahan? :D. Seperti kitab suci Al-qur’an yang diturunkan berangsur-angsur. Agar kita dapat lebih memahami dan menerapkan ajaran tersebut.

Nah! Oleh sebab itu saya ingin memecah buku ini menjadi beberapa tulisan. Dengan harapan kita semua dapat mengambil pelajaran dan sama-sama belajar menerapkannya. hehe

Baiklah. Mari kita mulai teman. 2 pertama pesan Nabi Muhammad SAW kepada muslimah :

1. Menata Niat Setiap Berbuat

Setiap amal disertai niat, dan setiap orang dinilai berdasarkan niatnya. Siapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasulullah, hijrahnya kepada Allah dan Rasulullah. Siapa yang berhijrah untuk meraih dunia atau menikahi perempuan maka hijrahnya hanya kepada apa yang ia hijrahi”. (HR. Bukhari, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

Teman, ternyata niat itu adalah ibadah hati dan amal itu adalah ibadah jasmani. Jadi murnikanlah niat kita untuk Allah semata. Memang sih niat itu ada tingkatannya. Yuk diupgrade sama-sama. 😀

Allahpun berfirman,

“Padahal mereka hanya diperintahkan untuk menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)”. (QS. Al-Bayyinah (98) : 5)

Allah juga ngingatin kita,

“Katakanlah, jika kamu sembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu nyatakan, Allah pasti mengetahuinya‘”. (QS. Ali-Imran (3) : 29).

2. Perkara Halal dan Haram itu Jelas

Sesungguhnya perkara halal itu jelas dan perkara haram juga jelas. Diantaranya keduanya terdapat perkara yang masih samar (subhat) yang tidak diketahui banyak manusia. Barang siapa menjauhi perkara subhat, ia telah membebaskan diri untuk agama dan kehormatannya, dan barangsiapa terjerumus dalam perkara-perkara subhat, ia akan jatuh dalam perkara haram, laksana penggembala yang menggembalakan (ternaknya) disekitar tempat yang dijaga yang hampir-hampir merumput di dalamnya. Ingatlah, setiap raja memiliki kawasan yang dijaga dan sesungguhnya kawasan yang dijaga Allah adalah perkara-perkara haramnya. Ingatlah, sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal darah, jika dia baik maka seluruh jasad akan baik, dan jika dia rusak maka seluruh jasad akan rusak. Ingatlah, segumpal darah itu adalah hati“. (HR. Bukhari, Abu Dawud, Nasa’i, Ibn Majah, dan Muslim).

nah, segitu dulu ya teman. Mari pahami dan terapkan bersama-sama. ^ ^

Salam. m/

Gambar

Ibu Bilang…


Gambar
Sumber : Google Image

Hari ini iseng-iseng saya melapor pada ibu bahwa keinginannya sudah saya penuhi. Mengaktifkan layanan BIS. hahaha

Eh ternyata ibu sedang memasak sambil membaca buku 55 wasiat Rasulullah SAW. Ibupun menceritakan beberapa cuplikan buku tersebut.

Beberapa hal yang ibu beritahu adalah,

1. Keutamaan 2 rakaat solat fajar

“Di riwayatkan oleh Umar ra : telah berkata seorang laki-laki; Ya Rasulullah, tunjukilah saya suatu pekerjaan yang kiranya dengan pekerjaan itu Allah akan memberikan manfaat bagi saya; Maka Rasulullah menjawab, tekunilah 2 rakaat solat fajar, karena didalamnya terdapat keutamaan”. (HR. Tabrani dalam Al-Kabir)

Dalam riwayat lain dikatakan juga katanya : saya pernah mendengar Rasulullah bersabda; Janganlah kalian meninggalkan 2 rakaat sebelum fajar, karena didalamnya terdapat tumpuan harapan.

Diriwayatkan oleh Aisyah ra dari nabi Muhammad SAW : 2 rakaat solat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya. (HR. Muslim)

2. Keutamaan Kalimat LAA ILAHA ILLALLAH

“Dari Abu Hurairah ra katanya : saya telah bertanya kepada Rasulullah SAW, siapakah orang yang paling bahagia mendapatkan syafaat Nabi di hari kiamat kelak ya Rasulullah?; Beliau menjawab, orang yang paling bahagia dengan syafaatku di hari kiamat nanti ialah orang yang mengucapkan LAA ILAHA ILLALLAH dengan penuh rasa ikhlas dari hati nuraninya”. (HR. Al-Bukhari)

3. Keutamaan Sujud Kepada Allah SWT

“Dari Ubbadah bin Es Samit ra. Ia pernah mendengar keterangan dari nabi saw bahwa siapapun yang melakukan sujud sekali, maka Allah berkenan menuliskan bagi hamba-Nya satu kebajikkan dan menghapuskan satu keburukkan dan Allah berkenan mengangkat derajat/kedudukkannya, maka dari itu perbanyaklah bersujud”. (HR. Ibnu Majah dengan sanad sahih)

Dari Hudzaifah ra : tidak ada pekerjaan seorang hamba yang paling menyenangkan Allah selain daripada melakukan sujud, menempelkan wajahnya di tanah. ( HR. Al-Tabarani dalam Al-Ausat)

Dari Abu Hurairah ra : kekasihku Muhammad saw berpesan padaku agar mengamalkan puasa tiga hari tiap bulan (tanggal 13,14,15 : kalender islam), menegakkan dua rakaat solat dhuha, mengerjakan solat witir sebelum tidur”. (HR. Al-Bukhari, An-Nasai dan Ibnu Khuzaima)

4. Tanaman Taman Surga

Dari Ibnu Mas’ud ra; Rasulullah saw bersabda : “Aku berjumpa dengan nabi Ibrahim as ketika di Isra’kan Allah. Lalu pesannya padaku : ‘Ya Muhammad! Sampaikan ucapan salamku kepada segenap ummat mu, dan kabarkan kepada mereka bahwa bumi surga itu subur, airnya tawar, ia lapang dan tenang, dan tanaman tamannya ialah : SUBHANALLAHI, WAL HAMDULILLAHI, WALAA ILAA HA ILLALAH, WALLAHU AKBAR, WAA LAA HAULA WA LAA QUATA ILLA BILLAHI”. (HR. At-tirmidzi dan Tabrani)

5. Doa Orang Tidak Bisa Tidur

Telah berkata Zaid bin Tsabit; Saya mengadu kepada Rasulullah saw, karena tidak bisa tidur, lalu sabdanya : “Ucapkanlah doanya. ALLAHUMMA GHAARATIN NUJUM, WA HADAATIL ‘UYUN, WA ANTA HAIYUN QAIYUMUN, LAA TA’KHUDUKA SINATUN WALAA NAUMUN, YA HAIYU YA QAYYUM, AHDI’ LAILI, WA ANIM ‘AINI. Ya Allah bintang-bintang telah terbenam dan mata telah redup, namun Engkau Maha Hidup dan Maha Menegakkan, tidak terkena kantuk dan tidur; wahai Tuhan Yang Maha Hidup, wahai Tuhan Yang Mahasa Penegak, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku (Ibnu Sunni)

Saya pikir sayang betul jika saya sendiri yang mengetahui cuplikan buku tersebut. ^ ^

Sekarang kita sudah sedikit merefresh ingatan kita, atau barangkali bagi sebagian teman2 ini ada hadis yang baru pertama kali di dengar.

Sulit diterapkan. Tapi tidak mustahil untuk diterapkan. Yuk deh 😀

Gambar
Sumber : Google Image

Salam m/

#Udah Putusin Aja


Gambar

Pacaran ???

Heeeemmm… awalnya sih saya ga begitu berminat baca buku ini. hehehe. Karena saya pikir buku ini diperuntukan bagi orang yang sedang berpacaran atau sedang ingin berpacaran dan sejenisnya lah. Namun dugaan saya meleset.

Buku ini ternyata begitu menarik! (Terutama gambar2 dan warnanya, hahaha). Dimulai dari sampulnya yang amat atraktif sampai isinya yang sangat inspiratif. Buku ini amat layak dibaca bagi muslim dan muslimah, baik orang muda ataupun orang tua. Kenapa?. Karena buku ini membahas hal mendasar dari kehidupan manusia. Yaitu cinta. hehehe.

Siapa yang hidupnya bisa lepas dari cinta?. Saya rasa ga ada. Kecuali si orang tersebut ga punya hati dan perasaan.

Sayapun cukup dikejutkan dengan halaman awal buku ini. Betapa gamblangnya penulis menggambarkan kondisi kaula muda zaman sekarang. Sex bebas berkedok cinta yang dilegalkan dengan status pacaran.

Sebenarnya sulit bagi saya mempercayai hal-hal semacam ini. Misal, dulu ketika duduk di bangku SMA, saya memang pernah mendengar beberapa teman yang berpacaran lalu ciuman dan sejenisnya. Tapi itu baru sebatas pendengaran saya aja. Yang beritanya belum bisa saya verifikasi. Kan ga mungkin tuh tanya keorangnya langsung, “eh, kamu pernah ini dan itu sama si A ya”. Bisa-bisa saya dicap orang aneh bin oon.

Sampai akhirnya saya duduk dibangku kuliah. Saya melihat sendiri ternyata memang ada orang-orang yang melegalkan sex demi cinta yang berbalut status pacaran. Waktu itu saya bingung harus gimana. Cuma ketawa (barangkali saya ikut dosa bagian ini, kok malah ketawa bukannya miris *ampuni hamba ya Allah, aamiin*) sambil membunyikan sesuatu. Berharap mereka berhenti. Dan ternyata memang berhenti melakukan hal haram tersebut. Namun sayangnya, tak lama kemudian mereka melanjutkan lagi. Astaqfirullah al’adzim..

Disinilah saya mulai sadar ternyata hal-hal seperti ini sangat dekat dengan lingkungan hidup saya. Ditambah lagi ketika itu ada seorang teman yang mengeluhkan dirinya yang harus mengurusi pernikahan seseorang lantaran dihamili pacarnya. Teman saya itu bilang, dia sudah membantu menikahkan orang yang hamil diluar nikah hampir 8 kali! Fantastis.

Makin kebuka mata saya. Ternyata hal semacam ini memang dekat dengan hidup saya, dekat dengan lingkungan saya, dekat dengan teman-teman saya dan dekat dengan saya. Yang semula saya pikir hanya terjadi di barat dan film-film.

Cinta itu fitrah (Qs. Ali-‘Imron (3) : 14). Jadi wajar bila setiap hati kita tumbuh rasa cinta, baik itu kepada manusia, ilmu pengetahuan, harta benda, anak istri/suami ataupun lainnya.

Nah buku ini khusus membahas tentang cinta antara wanita dan pria yang bukan mahram, alias cinta anak muda, aliasnya lagi, bahasa lumrahnya ” paracan berjudul ‘karena cinta’ “.

Kita-kita ini memang diciptakan berpasang-pasangan (Qs. Yassin (36) : 36 , Qs. Az-Zariyat (51) : 49). Jadi wajar juga kalo kita ingin segera mendapatkan pasangan ataupun ingin mencari pasangan hidup sedini mungkin. Wajar banget kalo pernah tertarik dengan lawan jenis.

Nah, masalahnya itu adalah sudah siapkah kita? Apakah niat dan cara kita mencari jodoh sudah benar sesuai syari’at? Apa hukumnya pacaran? Jeleknya pacaran? Apa yang harus dilakukan ketika menyukai seseorang? Bagaimana kalo sudah pacaran ?Apa yang harus kita lakukan ketika si camer ga setuju? Bagaimana cara mencari pasangan hidup ala syar’i? Jodoh yang terbaik itu yang kayak apa? Kapan waktu yang tepat untuk menikah? dan segudang pertanyaan lainnya.

Tapi tenaaaaanggg.. Dalam buku “Udah Putusin Aja” InsyaAllah ada solusinya. Buku ini membahas pertanyaan-pertanyaan yang sering berkecamuk dalam diri kita. Menguak kedok pacaran secara gamblang. Jadi bener deh ga rugi beli dan baca bukunya. :’) Ini ilmu yang perlu kita ketahui. Buruknya pacaran dan hal-hal yang biasanya dijadikan alasan ketika pacarmu ga siap buat berhubungan serius alias menikah. hehe

PACARAN ITU CUMA MAINAN, NIKAH ITU TANDA SERIUS | MAU DIMAININ APA DISERIUSIN??

Begitulah kata pembukanya. ^ ^

Selain itu, bahasa buku ini ga kaku sama sekali, bahkan muda banget dan mudah dimengerti. Ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist-hadist yang disajikan begitu pas dan terasa menyejukkan. Ini ilmu. :’)

Dan salah satu hadist yang paling saya sukai adalah :

Ingatlah, aku telah memberi tahu kalian tentang istri-istri kalian yang akan menjadi penduduk surga, yaitu yang penyayang, banyak anak (subur), dan memberikan manfaat kepada suaminya; yang jika ia menyakiti suaminya atau disakiti, ia segera datang hingga berada di pelukkan suaminya, kemudian berkata, ‘Demi Allah, aku tidak bisa memejamkan mata hingga engkau meridhaiku’ “.

(HR. Al-Baihaqi)

So sweeeeeeettttttttt.. Sungguh romantis terasa hadist ini bagi saya.. hehehe. Ternyata cinta karena Allah itu indah, teman. ^ ^

Jadi yuk baca buku dari Ust. Felix Y Siauw ini.. Harga : Rp.47.200 atau kisaran 50an ribu kok.. Berhemat seminggu dua minggu untuk beli buku ini ya! :’D

“Sama saja bagi orang-orang kafir. Apakah kamu memperingatkan atau tidak memperingatkan mereka, mereka tetap tidak akan beriman”.

(Qs. Yassin (36) : 10)

Semoga kita ga seperti orang kafir yang digambarkan dalam Al-Qur’an itu ya teman..

Bisa jadi, ketika kita takut mutusin pacar kita, takut ditinggalin pacar kita, takut ga bisa hidup tanpa pacar, takut habis mutusin pacar trus ga dapet-dapet jodoh lagi dan segudang ketakutan-ketakutan lainnya, itu tanda lemahnya iman kita kepada Allah. Tanda kekurangyakinan kita terhadap kekuatan dan ketetapan Allah, kekurangyakinan terhadap kebenaran ajaran Allah.

Allah pasti bantu kita ketika kita berusaha menegakkan agamanya. :’) Jadi gausah takut dan ragu. Yuk, putusin aja! Putusin langsung beli bukunya sekarang juga maksutnya! hehehe

Barangkali setiap kita (termasuk saya) sangat sulit mengendalikan nafsu dan menjauhi zina, tapi berusaha sekuat tenaga untuk menjauhinya layak, patut dan wajib dicoba. Salah satunya dengan cara membaca buku “Udah Putusin Aja”.

Selamat membacaaaaa… \m/

salam

Untuk melihat cuplikan-cuplikan buku “Udah Putusin Aja” bisa dilihat disini :

https://febireginasari.wordpress.com/2013/04/04/cuplikan-buku-udah-putusin-aja/

33 Pesan Nabi


Bismillahhirrohmanirrohim..

Gambar

Recommended Book ^^

Alkisah.. Bertemulah 2 pemuda dari pondok pesantren yang berbeda di sebuah gang jalan..

A : Eh, kamu murid pondok pesantren pojok itu ya? yang suka razia sembarangan. Ingat bung, ini bukan negeri arab!

B : Emang kenapa? Daripada pesantren ente.. ngaku islam tapi kebarat-baratan.

A : HEH! Gara2 orang kayak kamu, islam di cap teroris! Anarkis!!! Nyadar ga sih?

B : EEEEHhh.. Nyalahin orang.. Gara2 orang kayak ente, nilai islam makin gak jelas..

A : AAAhhh… Banyak bacot lu! Kolot!! (mulai nonjok)

B : Daripada ente! Letoy, munafikk!! (bales nojok)

Walhasil, 2 pemuda ini pun main tonjok2an ditepi gang.

Sampai kemudian datanglah seorang pedagang yang membawa bakul melerai mereka. Lalu beliau mengeluarkan sabda Nabi SAW,

Janganlah kamu kafir kembali sesudahku. dimana sebagian kamu memenggal leher yang lain“.

(HR. Bukhari)

Dan akhirnya 2 pemuda inipun saling bermaafan dan berpelukkan.

Dilain episode,

Ada seorang pemuda yang sedang berlari tergopoh-gopoh ke desa sebelah, Amir namanya.

Saat ditanya hendak apa ia ke desa sebelah, si Amir pun menjawab, “Ada pembagian daging kurban pak”.

Lalu ia pun berlari dengan semangat. Sesampainya ia di desa sebelah, terkejutlah ia melihat rumah keluarga besar Haji Sumringah telah berubah menjadi lautan manusia yang kelaparan. Dimana orang-orang menjadi acuh tak acuh satu dengan lainnya, berjotos-jotosan, saling injak, saling sikut, saling dorong demi sekerat daging.

Lalu si Amirpun pulang, berjalan dengan gontai.

Ketika ditanya, “Udah selesai le? kok cepat amat? loh.. mana dagingnya?”.

“Saya gak jadi ambil pak, perasaan saya jadi gak enak. hehehe” Jawab Amir sambil cengengesan garuk2 kepala.

“Eh, gak enak kenapa le?” tanya si bapak yang tampaknya masih bingung.

Lalu Amir pun menjawab, “Saya malu pak.. Benernya tadi emak sudah melarang.. Kata emak meski gak punya daging, masih ada beras.., masih ada sayur.., tapi saya pingin nyenengin emak..

Tapi begitu sampai sana, saya jadi malu pak.. Untuk sekerat daging, kami harus berebut. Menyakiti orang lain. Manusia tidak lebih berharga dari sekerat daging kambing…

yang bikin saya lebih malu, hal ini terjadi berulang, gak ada yang berubah, gak ada yang berarti, lewat begitu saja.

Saya malu, Saya baca koran yang saya jual, jumlah intelektual muslim kita banyak, tapi mengapa hal remeh-temeh seperti ini terus terulang?

Kadang saya berpikir, apakah mungkin orang-orang seperti kami memang sengaja dibiarkan begini, agar kaum berharta bisa menjadikan kami sebagai tumbal dosa mereka? Menjaga perasaan suci dengan menabur remah-remah roti. Kalau benar begitu.. Saya malu.. Saya malu dengan negeri ini.”

Jelas Amir dengan panjang lebar..

Lalu si bapak pun teringat dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadist sohih Bukhari, dari Abu Hurairah R.A nabi SAW bersabda :

Iman mempunyai lebih dari 60 cabang. Adapun malu adalah satu dari cabang iman“.

Begitulah penggalan-penggalan episode dari buku ini.

Buku ini sebenarnya berbentuk komik dan bahasanya sangat mudah dipahami. Kejadian-kejadian dalam komik ini pun sebenarnya sangat real dan sering terjadi disekitar lingkungan kita.

Contohnya saja 2 kejadian yang saya ceritakan diatas. Betapa seringnya kita, saudara sesama muslim dan sama-sama mengaku islam, saling menyerang dan menganggap diri lebih baik. Ada juga berbagai aliran islam. Jujur saja, saya juga masih belajar. Masih belum paham benar apa islam yang paling benar itu yang aliran mana??. Tapi ibu selalu bilang dan berpesan, “Gina islamnya yang biasa-biasa aja ya.. Pegang Al-qur’an dan Hadist.. pelajari.. 2 itu cukup. Gausah ikut aliran apapun”.

Satu lagi pemandangan yang sangat biasa dan akan ramai diperbincangkan TV swasta adalah masyarakat kampung A meninggal terinjak oleh masa yang berebut daging kurban di rumah X.. atau banyak korban luka-luka akibat berebut uang sedekah di rumah Y dan lain sebagainya.

Sungguh miris ya teman..

Maka menurut saya buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca bagi teman-teman yang masih ingin belajar banyak tentang kehidupan. :’) Didalm buku ini terdapat berbagai macam hadis yang InsyaAllah sohih dari Bukhari dan Muslim. Dinarasikan dengan cerita singkat dan gambar-gambar kocak. Jadi baca hadis semacam baca komik gitu.. hehe

Penulisnya sendiri dulu sudah pernah diundang pada acara Chatting dengan YM. Namanya Pak Veby Surya Wibawa dengan nama pena vbi_Djenggotten.

Buku ini terdiri dari 2 seri.. Buku pertama seri jaga mata, jaga telinga, jaga mulit dan buku kedua seri jaga hati, buka pikiran. ^ ^

Gambar

Daftar isi seri pertama

Gambar

Daftar isi seri kedua

Selamat mencari dan membaca teman-teman.. ga rugiii deh 😀

Baca juga rekomendasi buku lainnya

https://febireginasari.wordpress.com/2013/03/09/ada-singa-dalam-dirimu/