Tabungan Masa Depan #HandMade


SAM_0351

Kotak Amal kain flanel

Malam tadi saya kembali iseng-iseng buat kreasi dari kain flanel. hehe

Hal ihkwalnya adalah ada teman yang masih malu bersedekah terang-terangan. Ga apa-apa. Islam adalah agama yang prefentif. Islam melindungi dan mencegah kita agar ga berbuat dosa. Ketika kita merasa masih belum sanggup untuk tidak bersikap berbangga hati dan riya terhadap sedikit saja kebaikkan yang akan atau telah kita lakukan, maka lebih baik disembunyikan.

Namun begitu, terhadap amalan sedekah yang ditunjukkan pun tidak mengapa (Qs. Al-Baqarah (2) : 274).

Teman-teman pasti udah taukan kalo sedekah itu ternyata dapat melapangkan rezeki loh.. (Qs. Saba (34) : 39), juga sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah (Qs. At-Taubah (9) : 99), dan bahkan Rasulullah SAW pernah bilang kalo sedekah itu pengobat sakit. πŸ˜€ Woah… hebat kan? kurang apa coba kehebatan sedekah ini?.

Ga hanya itu loh teman..

Ketika kita meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik (sedekah), maka Allah akan melipatgandakan pembayarannya kepada kita dengan lipat ganda yang banyak (Qs. Al-Baqarah (2) : 245). Kurang apa coba? Logikanya ni ya, ruh dan jasad kita ini aja udah kepunyaan Allah.. Apalagi hanya harta dan rezeki yang diberi-Nya pada kita..

Tapi cobalah lihat.. Allah memakai kata-kata “Pinjaman”, untuk sesuatu yang memang milik-Nya. SubhanaAllah.. Maha Suci Allah.. Tuhan semesta alam.. Maha Lembut dan rendah hatinya Allah pada kita..

Jadi, rasanya rugi betul kalo kita hanya menyisihkan uang paling kecil didompet untuk sedekah. Apalagi kalo cuma harta sisa. Rasanya malu ga si? hehe. :’)

Em.. memang sih, sebenarnya setiap kebaikan itu adalah sedekah (HR. Bukhari). Jadi, senyum kepada teman adalah sedekah, membantu orang lain juga sedekah, berdzikir, bersolawat atas nabi SAW, bahkan sekedar menyingkirkan kerikil dari jalananpun juga termasuk sedekah. Betapa baiknya Allah..

Namun alangkah baiknya sedekah-sedekah kita dibarengi dengan sedekah hartaΒ dan berusahalah mensedekahkan harta yang kita cintai agar mendapatkan kesempurnaan (Qs. Ali Imron (3) : 92). Hitung-hitung juga untk mensucikan harta kita. Kalo katanya ust. Maulana ni ya, “Sedekah itu artinya kotoran yang kita keluarkan dari harta kita. Nah, coba deh bayangkan kalo kotoran-kotoran dalam perut kita ga pernah kita keluarkan. Apakah yang akan terjadi?. Kita pasti ga nyaman dan akan timbul berbagai penyakit”. Nah, begitu jugalah dengan harta. ^ ^

Sehingga, ketika kita mulai merasa terlalu banyak bersedekah yang padahal hanya 100rb, sedang kalau ke mall duit segitu terasa kurang, maka hati-hatilah. Barangkali itu penyakit hati. hehe

Tenang aja, harta yang kita sedekahkan ga akan berkurang kok. Justru bertambah sampai 700x lipat, bahkan lebih!. Tergantung maunya Allah. πŸ˜€ (Qs. Al-Baqarah (2) : 261). Memang sih kalo secara fisik, setelah sedekah uang kita akan berkurang. Tapi kalo menurut perhitungan-Nya itu ga akan berkurang. Lihatlah setelah bersedekah, akan banyak keberkahan dalam hidup.

Lantas gimana kalo ternyata udah bersedekah jor-jor-an tapi rezeki tetap seret mampet?.

Ah teman.. Percayalah, Allah itu Maha Pemalu.. Allah akan malu kalo kita udah berusaha bersungguh-sungguh untuk bersedekah demi mengharapkan Ridho-Nya dan kelapangan rezeki dari-Nya tapi Dia belum memberikan apa yang kita minta. Suatu saat Allah pasti kasih apa yang terbaik untuk kita dengan cara-Nya sendiri yang terkadang memang sulit untuk kita mengerti. Dia akan memberikannya diwaktu yang tepat.

Allah itu Maha Adil dan ga akan mungkin bohong ama kita, :’). Barangkali setelah sedekah itu semua dosa-dosa kita dihapus, atau dipanjangkan umur kita dan keluarga, diselamatkan dari marabahaya, disembuhkan dari penyakit, dan masih banyak lagi yang barangkali tidak kita sadari. Jadi balasannya mungkin memang tidak melulu dengan harta. :’)

Jangan lupa, setelah sedekah tetaplah berdoa dan berlakulah sabar. InsyaAllah Ridho-Nya datang ke kita. πŸ˜€ Aamiin

Nah, kembali ke awal pembicaraan. πŸ˜€ Jadi, begitulah ide kenapa saya membuat kotak amal dari kain flanel ini. Karena teman saya. Hehe. Beberapa waktu belakangan ini saya memang ingin sekali pengen punya amal yang dilakuin bareng-bareng. Salah satunya dengan sedekah ini :D. Mulai sedekah jamaah kayaknya seru ya.. dimana kita bisa saling menyemangati dan mengingatkan dalam hal kebaikkan, InsyaAllah.

Barang siapa memberi contoh yang baik dalam islam, baginya pahala dan pahala orang yang beramal setelahnya, tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun“.

(HR. Imam Muslim)

Jadi yuk, Sedekah jamaah. Kita buat jaringan pahala yang panjang. Mudah-mudahan Allah meridhoi, aamiin. ^ ^

Dan TARAAAAAAAAA….. Inilah kotak amalnya πŸ˜€

SAM_0349

Diatasnya saya beri nama kostan, yaitu Al-Barqah πŸ˜€

Jadi, setiap sisi kotak saya beri beberapa kata, seperti :

SAM_0342

Sedekah, untuk menunjukkan bahwa ini kotak amal

SAM_0343

Lalu juga saya sisipkan surat Al-Baqarah : 261 disisi lainnya, sebagai penyemangat ketika bersedekah, hehe

SAM_0345

Harapan saya sedekah ini bisa kita lakukan rutin ^ ^

SAM_0346

Dan terakhir, tidak lupa saya katakan bahwa sedekah itu menyenangkan, FUN! πŸ˜€

Semoga kita semua bisa istiqomah pada kebaikkan-kebaikkan ya teman-teman.. πŸ˜€

Salam m/

Teruslah berkreasi. ^ ^

Advertisements

Sedikit Hasil dari Apa yang Diupayakan. #HandMade


Dan inilah dia hasil karya kami beberapa hari yang lalu.

Sayang, karena ada kegiatan satu dan lain hal, kami baru bisa buat sedikit. hehe

Semoga kemampuan ini bisa diasah lebih baik. πŸ˜€ aamiin.

Gambar

My First Bross (Flanel)

Gambar

Second Bross (Flanel)

Gambar

Bros Kawat Pertama saya πŸ˜€

Ceritanya mau coba buat bross kawat yang diputer-puterin itu loh.. kayaknya sih mudah ya.. KAYAKNYA. Tapi pas dicoba ternyata “lumayan” juga. Ga bisa asal lilit. haha. Pemilihan warna, pencocokan mutiara dan jenis kawat sangat menentukan! πŸ˜€

Gambar

Peniti, kebun bunga

Gambar

Peniti Jilbab

Gambar

Bross Kawat Bunga

Nah! kalo yang ini jelas bukan saya yang buat. Secara bagus dan teratur gitu. hahah. Inilah karya wiwid :D. Bross kawat bunga. :’). Hope someday can make it. hehe

SAM_0253

Bross kawat kupu2

Bross kupu-kupu ini juga wiwid yang buat. hehehe… Ini hasil dia berguru sama mbak-mbak petra.. ternyata ngotot biar dapat tiket gratis ga sia2. ehehehehe

Gambar

Seluruh karya kami πŸ˜€

Semoga suatu saat nanti hasil karya kami layak dijual dan terjual semua.. aamiin.. (Demi mengembalikan modal, hehe)

Sampai bertemu dilain waktu ya teman-teman πŸ˜€ salam..

Berburu Pernak-Pernik :D


Salam teman-teman..

Kali ini masih tetap dalam rangka mengisi waktu luang. Hehehe

Saya dan wiwid kembali melakukan hobi lama kami, yaitu berburu bahan HandMade! πŸ˜€ Bukan tanpa alasan saya tiba-tiba ingin menekuni kembali hobi lama ini, itu semua karena ibu saya yang minta dibuatkan handmade. Mungkin si ibu hanya bercanda sih, tapi tak ada salahnya kan coba buat bundha senang? πŸ™‚

Kurang lebih hampir 2 jam-an kami di toko aksesoris tersebut. Dan satu jam pertama barangkali hanya kami habiskan untuk melihat-lihat. Haduh… Rasanya kalau tak pandai-pandai menjaga hati, terbujuk rayu sudah saya ingin membeli semuanya! haha. Baguuuuusss Baaaguuussss…

Diantara asiknya kami melihat-lihat dan memilih-milih, tercetus lah ide untuk berkongsi dalam membeli. Agar dapat banyak! Begitulah pikir kami. Maklum, mahasiswi macam kami ini, yang masih mengandalkan sepenuhnya uang saku dari orang tua, tentu tak boleh memfoya-foyakan uang dengan berlebihan! πŸ˜€ hehe

Dan TARAAAAAAAA…. Inilah hasil berburu 2 jam kami πŸ˜€ :

Gambar

Macam-macam kawat dan peniti

Untuk mencari kawat apa yang akan kami gunakan dalam membuat bross itu saja sudah membuat kami bingung. Haha. Kentara betul masih amatiranya. :p. Mulanya saya sanksi dengan kawat yang berukuran besar (ukuran 1,5mm) itu, apa bisa kawat setebal itu saya plintir dan lilitkan dengan batu menggunakan tangan. Sudah terbayang dibenak saya kesakitan dan kebasnya tangan bila bermain dengannya beberapa jam saja. Dan ternyata tahukah kau teman, walau ukuranya besar dan tampak keras, aslinya lunak dan lentur sekali! Ibaratnya ni ya, semacam preman berhati hello kitty! haha.

Gambar

Ini batu-batu yang nantinya dililitkan pada kawat

Dengan batu-batu ini nantinya kita dapat membuat berbagai macam aksesoris. Mulai dari bross sampai kalung, gelang bahkan cincin. πŸ˜€ Tergantung kreatifitas teman-teman. Dan tentu saja usahanya. hehe. Bereksperimen dalam berkreatifitas sangat dibutuhkan loooohhh..

Gambar

Batu-batu cina dan batu alam galsbit

Nah, ini batu yang lainnya. Dan saya suka sekali batu cina yang ada isi didalamnya itu (warna item dan kuning). Walaupun sebenarnya agak bingung juga sih itu batu bagusnya diapain. haha. Soalnya, she is beautiful without make up! Alias dirangkai lurus aja juga udah cantik, ga perlu diapa-apain lagi. Soalnya basic dari si batu ini pun udah ada ukiran didalam batunya. :D. Kalo ibaratnya perempuan itu ya semacam “inner beauty” nya udah keluar. hehe

Jadi sekarang saatnya merakit. Mengeksplor sampai sejauh mana kreatifitas dan imajinasi kami. hehe

Jika teman-teman ada yang tertarik, yuk belajar sama-sama :D.

 

Gelang Mutiara, #Review Part 1


Berhubung hari ini kerjaan saya juga ga banyak-banyak amat, jadilah saya kembali mengorek-ngorek hobi lama saya. Hehehe. Biasa, handmade! πŸ˜€

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara buat gelang mutiara dan bahan-bahan lain yang dapat kita gunakan sebagai mainan gelang ya teman-teman..

Seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan sebelumnya. Biasanya saya membuat sesuatu itu tanpa rencana sama sekali. Hasilnya jadi unpredictable. hehe. Kadang bagus, kadang jelek.

Ini nih yang dulu berhasil saya buat (sisa peninggalan sejarah! πŸ˜€ karena dulu udah sempet saya jual-jualin. hehe)

Gambar

Gelang dari mutiara2

Nah, cara buat gelang mutiara ini juga lumayan gampang. Teman-teman hanya butuh membeli bahan-bahanya seperti : benang nilon, mutiara-mutiara (disarankan beda warna dan beda ukuran :D), pengait magnet, dan besi setengah lingkaran (kalo digambar, yang warna kuning itu loh besinya :D).

Tahap selanjutnya, teman-teman hanya perlu merangkainya.

Pertama, kita perlu mengikat perekat magnet dengan benang nilonnya.

Kedua, masukan besi setengah lingkaran pada benang nilon dilanjutkan dengan mutiara ukuran kecil, mutiara ukuran besar, lalu mutiara ukuran kecil lagi (jadi, dalam 1 besi setengah lingkaran itu terdapat 3 mutiara. Mutiaranya letakkan pada cekungan lingkaranya ya)

Ketiga, setelah cekungan besi setengah lingkaran terisi dengan 3 mutiara, maka kaitkan benang nilon tadi kedalam lubang besi diatasnya.

keempat, masukan besi setengah lingkaran lainya ke dalam benang nilon dengan arah berlawanan dari besi yang kita masukan pertama tadi. isi sama seperti cara nomor dua dan seterusnya. Sampai kira-kira cukup dipergelangan tangan kita. Setelah itu kunci kembali gelang tersebut dengan perekat magnet. Jadi deh gelangnya πŸ˜€

Mudahkan? hehe.

Ada juga beberapa bahan lain yang bisa kita jadikan sebagai gelang, seperti beberapa contoh dibawah ini :

Gambar

Berbagaimacan aksesoris yang dapat kita jadikan mainan gelang

Gambar

Ini mutiara dan cangkangnya

Sebenarnya, kalau teman-teman pergi ke toko pernak pernik, sangat banyak macam dan ragam mainannya. Pun termasuk dengan macam kawat-kawat pengait dan perekatnya. Sampai benang nilon nya pun beragam. Pokoknya bisa buat bingung dan kantong kering deh! haha (soalnya rata-rata pasti pengen dibeli semua). πŸ˜€

Jadi, saran saya pikirkan betul apa yang akan teman-teman buat dan kira-kira apa aja bahan yang dibutuhkan. Soalnya dari pengalaman saya pribadi, mencari pernak-pernik tanpa tahu awalnya mau buat apa dan akan berbentuk seperti apa sungguh kurang efektif. Karena saya sendiri sering seperti itu dulu. hehe

Jadi sekarang mari jadi konsumen yang lebih cerdas! πŸ˜€

Yap! selamat mencobaaaaa….. Lain waktu akan kita bahas bagaimana cara buat bros dan peniti jilbab yaaaa…Β  Termasuk alat bantu apa aja yang kita butuhkan. Semua bisa dipelajari kok. SMANGAT! ^ ^

Death Tree si Pohon Kawat. #HandMade Part 1


Hari ini juga sama seperti hari-hari sebelumnya..

Agak membosankan bagi saya. Efek terlalu banyak libur. hehe (inilah manusia, dikasih banyak kerjaan ngeluh, dikasih banyak libur makin ngeluh. *ampuni aku Tuhan*).

Iseng-iseng main ke kamar seberang. Tepatnya kamar wiwid. Karena saya tau kamar itu anak banyak harta karun nya. haha. Definisi harta karun disini adalah banyaknya pernak-pernik untuk kemudian dijadikan kerajinan tangan.

Hand made. Ya, si wiwid ini walaupun aslinya anak kedokteran tapi hobi banget dengan hand made. Sehati deh ama saya. hehe. Jadi mulai sore tadi saya kompor-komporin de tu anak supaya buat hand made. Awalnya si kita bingung mau buat apa. Tapi akhirnya kami putuskan untuk membuat pohon dari kawat.

Sebenarnya si agak mleset dari harapan saya. Karena awalnya saya ingin buat pita atau bross. Kan lumayan bisa saya pakai. haha. Tapi buat pohon juga hal menarik dan baru bagi saya. Jadi ya kami buatlah pohon kawat itu.

Dan inilah hasilnya :

Gambar

Death Tree

Ini karya saya, yang kemudian saya namakan dengan “Death Tree”. Kenapa saya namakan ia death tree? ya jelas saja jawabanya, karena bentuknya burem, pucet dan semraut. haha. Kentara sekali si pembuatnya ga detail dalam perencanaan membuat.

Ah teman. Mengenai seni saya memang agak serampangan. I admit it! :p Semua hanya keluar begitu saja. Dan saya pikir ada baiknya lain waktu saya buat garis besar benda apa yang kira-kira akan saya buat dan bagaimana rupanya.

Dilain tempat, ini lah hasil kerjaan si wiwid. Pohonya mencerminkan ketelitian, keuletan dan perencanaan yang jelas dari si pembuatnya. hehe

Gambar

Pohon kawat wiwid

Cara membuat pohon kawat wiwid ini jelas berbeda dengan cara buat death tree saya. Pohon kawat wiwid harus dililit2kan beberapa kali, merangkai daun bunga dan batu warna warni nya agar serasi. Kemudian letak bunga-bunganya juga harus dipertimbangkan agar seimbang. Belum lagi masalah warnanya agar pohon kawat tampak hidup. πŸ™‚

Wiwid ini memang hebat dalam seni seperti ini. Mulai dari package kado, handmade dari wol, mutiara ataupun kain flannel. πŸ˜€ Harus banyak-banyak belajar dari wiwid. hehehe

Senangnya bila kita dikelilingi dengan orang-orang yang hebat-hebat ya teman.. Mari belajar hal positive dari teman-teman disekeliling kita.. SMANGAT!

Ah ya.. itu pohon-pohon kawat kami sebenarnya belum jadi. hehhe. Soalnya buat pohon kawat itu menguras tenaga. Belum lagi tangan yang sakit dan kebas karena terlalu banyak melilit-lilitkan kawatnya.

Dan inilah peralatan yang teman-teman perlu siapkan ketika ingin membuat pohon kawat :

Gambar

kira-kira peralatan yang diperlukan

Sebenarnya sih ga semua yang ada dalam foto diatas kami pakai, hanya saja berhubung ini kerajianan tangan, jadi keluarkan aja apa yang ada dipikiran kita dan gunakan aja apa yang ada didepan mata. hehe.

Kalau menurut saya pribadi, seni adalah tentang apa yang ada dipikiranmu yang kemudian kamu realisasikan dan hasilnya berupa sebuah apresiasi. Seni itu tergantung dari sudut pandang kita melihat. Jadi seni sendiri bagi saya ga ada yang jelek. Semuanya bagus. πŸ˜€ (asalkan ga melanggar al-qur’an n hadist yaaaa :D)

So, kita lihat besok.. Akan jadi seperti apakah Death Tree ciptaan saya dan Pohon kawat ciptaan wiwid. πŸ˜€

See you tomorrow yes. ^^